friendship

friendship

Friday, December 16, 2011

E-Commerce dan E-Business...

1. Apakah pengertian dan perbedaan antara E-Commerce dan E-Business ?
     E-Commerce merupakan suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan , konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
     E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
2. Apakah sisi positif dan negatif dari e-Commerce ?
    A. Positive:
    a. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional
    b. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
    c. Menurunkan biaya operasional (operating cost).
    B. Negative:
    a. Pencurian informasi rahasia yang berharga.
    b. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan
    c. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
3. Apakah manfaat e-commerce/e-bisnis bagi produsen dan konsumen ?
    Bagi Produsen:
    1. Memperpendek jarak
    2. Perluasan pasar
    3. Perluasan jaringan mitra kerja
    4. Biaya terkendali
    5. Efisien
    6. Cash flow terjamin
    7. Manfaat lainya
    Bagi Konsumen:
    1. Efektif
    2. Biaya terkendali
    3. Aman secara fisik
    4. Harga murah
    5. Fleksibel
4. Sebutkan dan jelaskan masing masing contoh dari e-bisnis!
    a. Business-To-Business (B2B)
Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar
    b. Business-To-Consumer (B2C)
Pada business-to-consumer, bisnis on-line mencoba untuk menjangkau konsumen individu.
    c. Consumer-To-Consumer (C2C
Consumer-to-Consumer mengijinkan konsumen untuk menjual satu sama lain
dengan bantuan dari pembuat pasar on-line seperti situs lelang
    d. Peer-To-Peer (P2P) E-Commerce
Peer-to-peer, menghubungkan ke pengguna, membiarkan mereka untuk berbagi file dan sumber daya komputer tanpa server umum
     e. M-Commerce
didefinisikan sebagai semua kegiatan yang berhubungan dengan transaksi komersial melalui jaringan komunikasi dengan wireless devices atau mobile
5. Sebutkan tahap-tahap pembangunan e-bisnis !
    a. Mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan internet seoptimal mungkin.
    b. Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif  dan fleksibel.
    c. Membangun sistem informasi e-bisnis yang efektif
    d. Mengembangkan sistem informasi yang bersifat inter platform.
6. Sebutkan faktor-faktor penyebab kegagalan e-bisnis !
    a. Tidak ada komitmen yang utuh dari manajemen puncak.
    b. Penerapan e-business tidak diikuti proses change management.
    c. Tidak profesionalnya vendor teknologi informasi yang menjadi mitra bisnis
    d. Buruknya infrastruktur komunikasi
    e. Tidak selarasnya strategi TI dengan strategi perusahaan.
7. Sebutkan langkah-langkah transaksi dalam e-bisnis !
     a. memilihan produk
     b. Inisialisasi
     c. Pembelian Permintaan otorisasi
     d. Otorisasi
     e. Pemintaan pelunasan
     f. Pengiriman barang
8. Apakah yang anda ketahui tenatang e-banking ?
     Dapat diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank dapat melakukan hampir semua jenis transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web.
9. Sebutkan cara pembayaran yang bisa dilakukan untuk e-commerce !
     a. kartu kredit
     b. e-cash
     c. smartcard
     d. iCheck